Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo
Gunung Bromo
Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia, dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan air laut Gunung Bromo ini terletak di antara 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Lumajang yang berada di Provinsi Jawa Timur. Gunung Bromo yang terakhrir meletus pada tahun 2010 ini merupakan salah satu tempat wisata yang sering di kunjungi wisatawan lokal maupun asing.

Gunung Bromo juga merupakan salah satu dari sepuluh objek wisata di Indonesia yang keindahanya tersohor ke seluruh dunia, "kalau ke Indonesia nggak ke Gunung Bromo pasti rugi" kata salah satu wisatawan asing yang saya temui di kawasan wisata Gunung Bromo yang tidak mau di sebutkan namanya. Gunung Bromo merupakan salah satu tempat yang di anggap suci bagi pemeluk agama Hindu, di sebelah Gunung Bromo terdapat pure yang di bangun di atas padang pasir luas, pure ini sering di gunakan sebagai tempat upacara keagaman oleh masyarakat tengger upacara ini disebut upacara Kasada yang biasa di peringati pada bulan 10 penanggalan jawa (kalau gak salah bulan sawal :D). biasanya pada bulan-bulan ini pengunjung/wisatawan lokal maupun asing yang datang akan  lebih banyak di bandingkan hari-hari biasanya karena mereka ingin menyaksikan sendiri bagaimana uapacara adat itu berlangsung, sehingga upacara ini terkenal di seluruh dunia.


Sekilas tentang suku tengger yang berada di kawasan Gunung Bromo. Suku tengger yang sebenarnya bukanlah pelarian dari penduduk kerajaan Majapahit, tetapi suku tengger memang sudah ada lebih dulu sebelum banyak orang mengetahui, setelah beberapa tahun kemudian ada pelarian dari kerajaan Majapahit yang datang untuk menetap di wilayah kawasan Gunung Bromo pada saat itulah suku tengger  mulai menjadi terkenal. Semua suku tengger di sana memeluk agama Hindu, tetapi agama yang mereka percayai ini tidak sama dengan agama Hindu yang berada di pulau dewata Bali atau pemeluk agama Hindu lainya. Perbedaan ini sangat menonjol pada kepercayaan masing-masing, misalnya saja di pulau Bali pemeluk agama Hindu bila meninggal dunia jasadnya akan dibakar atau di biarkan saja di pulau terpencil sedangkan untuk pemeluk agama Hindu yang berada di kawasan Gunung Bromo, jasad mereka tidak dibakar melainkan dimakamkan, hal itu membuat suku Hindu di kawasan Gunung Bromo berbeda dengan orang-orang hindu lainya.


Gunung Bromo terkenal dengan pemandangannya, banyak tempat-tempat yang dapat di kunjungi pada saat anda di sana di antaranya : sunrise dan sunset yang dapat di nikmati di atas penanjakan, melihat keindahan kawah Gunung Bromo dengan sensasi menaiki anak tangga yang cukup panjang dengan jumlah 253 anak tangga yang tersusun rapi dari beton, menikmati suasana pegunungan di padang rumput savana yang sangat luas, atau berkuda di padang pasir berbisik. Semua tempat wisata yang ada di jamin dapat memanjakan para wisatawan di tambah lagi  sudah tersedianya fasilitas berupa transportasi berupa JEEP 4WD yang dapat di gunakan untuk menuju kawasan wisata yang jaraknya juga tidak dekat dengan medan yang sangat menantang sehingga anda tidak perlu capek-capek berjalan. Tersedia pula penginapan/hotel dan cave untuk lebih menunjang kenyamanan bagi wisatawan yang datang.

GUNUNG BROMO | WISATA GUNUNG BROM | GUNUNG BROMO TOUR | WISATA KAWAH GUNUNG BROMO

 

AGEN PAKET WISATA JAWA TIMUR Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger